Saturday 4 November 2017

Mie Sagu Khas Pontianak, Kalimantan Barat


Mie Sagu Khas Pontianak

Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang bernama mie sagu ini tidak hanya populer di daerah timur Indonesia, bahkan di Kalimantan Barat seperti Pontianak. Sagu dijadikan sebagai bahan untuk membuat mie. Makanan ini juga merupakan makanan khas melayu di Pontianak. Mie sagu sering dijadikan sebagai makanan selingan atau sarapan bagi masyarakat kaliamantan barat.
Makanan khas Kalimantan Barat ini juga terdapat di daerah lain, tetapi ada beberapa perbedaan mie sagu khas Kalimantan barat dengan yang ada di daerah lain. Mie sagu khas Kalimantan Barat ini biasanya  menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap dalam penyajiannya. Sedangkan dari daerah lain biasanya disajikan dalam keadaan kering saja.
Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari sagu yang di ulen dan di potong kecil dan panjang. Kemudian direbus dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu tambahan seperti daun kucai, kecambah , merica, potongan daging dan bumbu. Makanan yang sangat cocok dinikmati ketika cuaca hujan atau dipagi hari ini bisa ditemukan dengan mudah di warung tepi jalan di kota Kalimantan Barat.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba membuat mi sagu dengan hasil keringat sendiri langsung cek bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu :

Bahan yang disiapkan :
·  250 gram mie sagu kering, dicuci dan direndam dalam air bersih hingga mengembang.
·  150 ml air kaldu (didapat dari merebus air, daging sapi, bawang merah, bawang putih, dan daun salam)
·     50 gram daging sapi, rebus hingga empuk
·    Tauge/Kecambah secukupnya, cuci bersih
·    Daun kucai secukupnya, cuci bersih, potong sesuai selera.
·    Udang ebi secukupnya, cuci bersih, tiriskan
·    Kacang tanah yang sudah digoreng secukupnya
·     Garam secukupnya
·    Lada secukupnya

Bumbu halus:
·         2 butir bawang merah
·         1 butir bawang putih
·         1/2 ruas ibu jari jahe
·         1 ruas ibu jari lengkuas

Cara Membuat:
·       Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukan air kaldu, garam, lada, dan mie sagu. Masak       hingga mendidih
·       Masukan daging sapi rebus, tauge/kecambah, daun kucai, udang ebi, dan kacang tanah, aduk hingga   tercampur   rata.
·       Mie sagu siap untuk disantap.

Load disqus comments

0 komentar