Monday 20 November 2017

Mandai Khas Kalimantan Selatan

Selanjutnya adalah Mandai. Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak atau kalau orang Kalimantan Selatan menyebutnya tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.

Proses pengawetannya pun cukup sederhana yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedangkan lama pengawetan tergantung selera masing-masing, makin lama semakin asam rasanya dan semakin enak.

Mandai umumnya dimasak dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah maka rasa asam dari kulit cempedak pasti enak rasanya.
sumber undas.co


Bahan :
1. Kulit cempedak yang sudah dibersihkan (mandai), 
2. minyak goreng
3. Bumbu 
4. Bawang merah
5. Bawang putih
6. Lombok merah/hijau
7. Garam, semua bumbu secukupnya.

Cara membuat :
1. kulit cempedak yang sudah dibersihkan dipotong-potong, besarnya tergantung keinginannya ada yang suka potongan besar ada juga yang kecil-kecil.
2. bumbu-bumbu dikumpulkan kemudian dihaluskan bersamaan.
3. campurkan mandai tadi ke dalam bumbu, dioles-oles atau cara apa saja yang penting mandai dan bumbu menyatu.
4. panaskan minyak goreng, tunggu sampai panasnya merata agar menggoreng mandainya mudah.
5. yang terakhir gorenglah mandai di dalam minyak yang sedang panas-panasnya untuk mendapatkan hasil yang aduhai 

Cara menyajikan mandai sama seperti menyajikan lauk lainnya, cukup dihidangkan di dalam piring sudah bisa dinikmati oleh seluruh keluarga, apalagi dimakan dengan nasi panas. tapi bagi yang punya penyakit maag kambuhan hati-hati jangan kebanyakan. Selamat Mencobaaaaa!!!
Load disqus comments

0 komentar